Friday, 18 January 2013

pengertian pendidikan.


pengertian pendidikan.
Mendidik dan pendidikan adalah dua hal yang saling berhubungan.
Mendidik adalah membantu anak dengan sengaja (dengan jalan membimbing,mambantu,memberi pertolongan) agar menjadi manusia dewasa,susila,bertanggung jawab, dan mandiri. 
Sedangkan pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis, yang dilakukan oleh orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan.
Istilah pedagogik dan andragogik.
Pedagogik berarti pendidikan anak (pendidikan sekolah) atau pendidikan formal .                                                                             sedangkan andragogik berarti pendidikan orang dewasa (pendidikan luar sekolah) atau pendidikan non formal.
4. ilmu pendidikan sebagai ilmu yang bersifat Deskriptif-Nonformatif.
Sistem nilai menjadi norma bagi pendidikan , maka dari itu orang yunani mempunyai pandangan bahwa manusia dilihat sebagai mahluk bermain(homo ludens).                                                                     Jadi, yang utama adalah pendidikan jasmani, karena didalam tubuh yang sehat  terdapat juga jiwa yang sehat ( men sana in corpore sano). Dan pada abad ke-17,18, dan 19 di Eropa barat tampak Rasionalisme yang sangat kuat.  Mereka berpendapat , bahwa akal (pengetahuan )                                         maha kuasa. Ini merupakan aksioma : implikasi dari pendirian ini ialah bahwa pendidikan sangat menjunjung tinggi pengaruh pengetahuan dan peranan akal.
Dari uraian diatas tampak dengan jelas , bahwa nilai-nilai yang di junjung  tinggi dalam pandangan manusia , seseorang atau suatu bangsa itulah yang di jadikan norma atau kriteria untuk mendidik.
5.Ilmu Pendidikan sebagai Ilmu yang Bersifat Teoretis dan Praktis-Pragmatis.
Pada umumnya ilmu mendidik tidak hanya mencari pengetahuan deskriptif tentang obyek pendidikan, melainkan juga mengetahui cara sebaiknya untuk berfaedah terdahap objek didiknya. Ilmu mendidik sistematis mendahului ilmu mendidik historis.akan tetapi ilmu mendidik historis memberikan bantuan dan memperkaya ilmu mendidik sistematis.               Kedua-duanya membantu para pendidik agar berhati-hati dalam praktik-praktik pendidikan.
IlmuPendidikan itu adalah ilmu yang memerlukan pemikiran teoretis, beberapa contoh konkret  adalah sebagai berikut :
a). Setiap pendidik mendengarkan kritik-kritik, catatan-catatan , sumbangan pikiran dari para                                                                                  ahli atau orang lain.
b).Sampai sejauh mana  lingkungan pendidikan dan potensi kreatifitas anak didik berkembang.
c). Gambaran bagaimana orang memperagakan suatu gambaran ideal tentang manusia dan masyarakat yang di inginkan.
d). pendidikan membutuhkan jangka waktu panjang, karena pendidikan bercorak perbuatan mendidik . ( bagaimana cara bertindak, cara mendidik ,dan cara hidup anak bila telah dewasa.
Unsur pokok yang tersusun dalam pemikiran yang bersifat teoretis antara lain :
1). Masalah tujuan pendidikan .
2). Apakah anak didik di didik sebagai makhluk yang dapat di didik, yang mempunyai kemungkinan untuk di didik.
        

No comments:

Post a Comment

Post a Comment