Friday 18 January 2013

MANAJEMEN PESERTA DIDIK MANAJEMEN KEUANGAN


Kepala Sekolah memiliki dua peran strategis sebagai leader dan manajer di sekolah. Sahabat saya, Unifah Rosyidi mengupas tentang apa, bagaimana dan untuk apa kepemimpinan kepala sekolah dikaitkan dengan learning organization, Anda ingin mengetahui lebih jauh, silahkan klik tautan di bawah ini, namun jangan lupa komentar Anda sangat diharapkan.
A. Tugas Pokok Kepemimpinan
Tugas pokok—seorang pemimpin yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen seperti yang telah disebutkan sebelumnya yang terdiri dari: merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi.
Terlaksananya tugas-tugas tersebut tidak dapat dicapai hanya oleh pimpinan seorang diri, tetapi dengan menggerakan orang-orang yang dipimpinnya. Agar orang-orang yang dipimpin mau bekerja secara erektif seorang pemimpin di samping harus memiliki inisiatif dan kreatif harus selalu memperhatikan hubungan manusiawi. Secara lebih terperinci tugas-tugas seorang pemimpin meliputi: pengambilan keputusan menetapkan sasaran dan menyusun kebijaksanaan, mengorganisasikan dan menempatkan pekerja, mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan baik secara vertikal (antara bawahan dan atasan) maupun secara horisontal (antar bagian atau unit), serta memimpin dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan.
Secara umum, tugas-tugas pokok pemimpin antara lain :
a. Melaksanaan Fungsi Managerial, yaitu berupa kegiatan pokok meliputi pelaksanaan :
- Penyusunan Rencana
- Penyusunan Organisasi Pengarahan Organisasi Pengendalian Penilaian
- Pelaporan
b. Mendorong (memotivasi) bawahan untuk dapat bekerja dengan giat dan tekun
c. Membina bawahan agar dapat memikul tanggung jawab tugas masing-masing secara
baik
d. Membina bawahan agar dapat bekerja secara efektif dan efisien
e. Menciptakan iklim kerja yang baik dan harmonis
f. Menyusun fungsi manajemen secara baik
g. Menjadi penggerak yang baik dan dapat menjadi sumber kreatifitas
h. Menjadi wakil dalam membina hubungan dengan pihak luar
B. Fungsi Kepemimpinan
Fungsi pemimpin dalam suatu organisasi tidak dapat dibantah merupakan sesuatu fungsi yang sangat penting bagi keberadaan dan kemajuan organisasi yang bersangkutan. Pada dasarnya fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu :
> Fungsi administrasi, yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya.
> Fungsi sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan planning, organizing, staffing, directing, commanding, controling, dsb.
Dalam upaya mewujudkan kepemimpinan yang efektif, maka kepemimpinan tersebut harus dijalankan sesuai dengan fungsinya. Sehubungan dengan hal tersebut, menurut Hadari Nawawi (1995:74), fungsi kepemimpinan berhubungn langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok masing-masing yang mengisyaratkan bahwa setiap pemimpin berada didalam, bukan berada diluar situasi itu Pemimpin harus berusaha agar menjadi bagian didalam situasi sosial keiompok atau organisasinya.
Fungsi kepemimpinan menurut Hadari Nawawi memiliki dua dimensi yaitu:
1) Dimensi yang berhubungan dengan tingkat kemampuan mengarahkan dalam tindakan atau aktifitas pemimpin, yang terlihat pada tanggapan orang-orang yang dipimpinya.
2) Dimensi yang berkenaan dengan tingkat dukungan atau keterlibatan orang-orang yang dipimpin dalam melaksnakan tugas-tugas pokok kelompok atau organisasi, yang dijabarkan dan dimanifestasikan melalui keputusan-keputusan dan kebijakan pemimpin.
Sehubungan dengan kedua dimensi tersebut, menurut Hadari Nawawi, secara operasional dapat dibedakan lima fungsi pokok kepemimpinan, yaitu:
1. Fungsi Instruktif.
Pemimpin berfungsi sebagai komunikator yang menentukan apa (isi perintah), bagaimana (cara mengerjakan perintah), bilamana (waktu memulai, melaksanakan dan melaporkan hasilnya), dan dimana (tempat mengerjakan perintah) agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. Sehingga fungsi orang yang dipimpin hanyalah melaksanakan perintah.
2. Fungsi konsultatif.
Pemimpin dapat menggunakan fungsi konsultatif sebagai komunikasi dua arah. Hal tersebut digunakan manakala pemimpin dalam usaha menetapkan keputusan yang memerlukan bahan pertimbangan dan berkonsultasi dengan orang-orang yang dipimpinnya.
3. Fungsi Partisipasi.
Dalam menjaiankan fungsi partisipasi pemimpin berusaha mengaktifkan orang-orang yang dipimpinnya, baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakannya. Setiap anggota kelompok memperoleh kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan yang dijabarkan dari tugas-tugas pokok, sesuai dengan posisi masing-masing.
4. Fungsi Delegasi
Dalam menjalankan fungsi delegasi, pemimpin memberikan pelimpahan wewenang membuay atau menetapkan keputusan. Fungsi delegasi sebenarnya adalah kepercayaan ssorang pemimpin kepada orang yang diberi kepercayaan untuk pelimpahan wewenang dengan melaksanakannya secara bertanggungjawab. Fungsi pendelegasian ini, harus diwujudkan karena kemajuan dan perkembangan kelompok tidak mungkin diwujudkan oleh seorang pemimpin seorang diri.
5. Fungsi Pengendalian.
Fungsi pengendalian berasumsi bahwa kepemimpinan yang efektif harus mampu mengatur aktifitas anggotanya secara terarah dan dalam koordinasi yang efektif, sehingga memungkinkan tercapainya tujuan bersama secara maksimal. Dalam melaksanakan fungsi pengendalian, pemimpin dapat mewujudkan melalui kegiatan bimbingan, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan.
Kemudian menurut Yuki (1998) fungsi kepemimpinan adalah usaha mempengaruhi dan mengarahkan karyawan untuk bekerja keras, memiliki semangat tinggi, dan memotivasi tinggi guna mencapai tujuan organisasi. Hal ini terutama terikat dengan fungsi mengatur hubungan antara individu atau kelompok dalam organisasi. Selain itu, fungsi pemimpin dalam mempengaruhi dan mengarahkan individu atau kelompok bertujuan untuk membantu organisasi bergerak kearah pencapaian sasaran. Dengan demikian, inti kepemimpinan bukan pertama-tama terletak pada kedudukannya daiam organisasi, melainkan bagaimana pemimpin melaksanakan fungsinya sebagai pemimpin. Fungsi kepemimpinan yang hakiki adalah :
    Selaku penentu arah yang akan ditempuh dalam usaha untuk pencapaian tujuan
    Sebagai wakil dan juru bicara organisasi dalam hubungan dengan pihak luar.
    Sebagai komunikator yang efektif.
    Sebagai integrator yang efektif, rasional, objektif, dan netral.
Fungsi pokok pimpinan adalah:
• Memberikan kerangka pokok yang jelas yang dapat dijadikan pegangan oleh anggotanya.
• Mengawasi, mengendalikan dan menyalurkan perilaku anggota yang dipimpin
• Bertindak sebagai wakil kelompok dalam berhubungan dengan dunia luar
Fungsi kepemimpinan itu pada pokoknya adalah menjalankan wewenang kepemimpinan, yaitu menyediakan suatu sistem komunikasi, memelihara kesediaan bekerja sama dan menjamin kelancaran serta keutuhan organisasi atau perusahaan.
Fungsi-fungsi kepemimpinan meliputi kegiatan dan tindakan sebagai berikut:
a. Pengambilan keputusan
b. Pengembangan imajinasi
c. Pendelegasian wewenang kepada bawahan
d. Pengembangan kesetiaan para bawahan
e. Pemrakarsaan, penggiatan dan pengendalian rencana-rencana
f. Pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya
g. Pelaksanaan keputusan dan pemberian dorongan kepada para pelaksana
h. Pelaksanaan kontrol dan perbaikan kesalahan-kesalahan
i. Pemberian tanda penghargaan kepada bawahan yang berprestasi
j. Pertanggungjawaban semua tindakan
Keberhasilan sebuah organisasi tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan seorang ketua atau kepala atau manajer atau apa pun namanya, yang memiliki keleluasaan dalam mengelola organisasi. Begitu pula dengan organisasi yang menangani dunia pendidikan (baca: organisasi sekolah).
Keberhasilan sebuah sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolahnya, keberhasilan kelas sangat ditentukan oleh kepemimpinan guru kelas, dan keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh kepemimpinan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Ya, kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran adalah pemimpin di dunia pendidikan.
Tulisan ini akan membicarakan pentingnya seorang pemimpin pendidikan, peranannya, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan di bidang yang dipimpinnya. Tentu saja, kita harus menempatkan diri kita di dalam lingkungan kita masing-masing agar kita mendapatkan manfaat terbaik dari membaca tulisan ini.
Bagi kepala sekolah atau guru kelas atau guru mata pelajaran tidak ada bedanya. Masing-masing punya tanggung jawab untuk mencapai keberhasilan. Hanya, cakupannya saja yang berbeda.
Memang tidak ada jaminan bahwa kalau pemimmpinnya baik organisasinya pasti baik. Pemimpin yang baik akan berfungsi dengan baik jika didukung oleh anggota yang baik. Begitu pula anggota yang baik akan berfungsi dengan baik jika dipimpin oleh pemimpin yang baik. Namun, siapa yang paling bertanggung jawab terhadap kebaikan organisasi? Tentunya seorang pemimpin, bukan?
Adalah menjadi kewajiban seorang pemimpin untuk memotivasi, menginspirasi, mengajak, membujuk, bahkan mendidik agar orang-orang yang dipimpinnya itu menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, sehingga tujuan organisasi tercapai.
Ya, TUJUAN organisasi. Keberhasilan sebuah organisasi bisa diukur dari ketercapaian tujuan yang telah ditetapkan sesuai standar yang berlaku. Di sekolah, misalnya, ada kurikulum, ada standar-standar tertentu yang ditetapkan pemerintah, dan ada TARGET yang ingin dicapai. Itulah yang harus dipenuhi dan dicapai oleh sekolah di bawah kepemimpinan seorang kepala sekolah.
Di kelas, guru menentukan target bersama murid-muridnya, bahwa kelas ini harus menguasai materi pelajaran minimal 80% bagi setiap siswa. Guru merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa mencapai target tersebut dengan mudah, dan karenanya dia menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk berhasilnya proses pembelajaran di kelasnya itu.
Berikut adalah langkah-langkah penting yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin untuk bersama-sama anggota organisasi mencapai tujuan yang diinginkan:
    Melakukan analisis kebutuhan organisasi untuk mencapai tujuan;
    Mengenali potensi anggota organisasi;
    Menyusun rencana kerja untuk mencapai tujuan;
    Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan agar tujuan tercapai secara optimal;
    Membagi tugas pencapaian tujuan organisasi kepada anggota organisasi (siapa melakukan apa), lengkap dengan deskripsi tugas yang jelas;
    Memastikan bahwa tugas yang diberikan kepada anggota organisasi tersebut dilaksanakan dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab;
    Melakukan pengawasan atas pelaksanaan tugas oleh anggota organisasi;
    Memberikan penghargaan dan sanksi secara efektif.
Memang ada banyak model kepemimpinan. Namun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin adalah mengambil yang terbaik dari setiap model dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sesuai situasi yang dihadapi.
Dan, yang lebih penting lagi, seorang pemimpin harus benar-benar mengenal “SELURUH ISI” organisasi agar bisa mengambil kebijakan terbaik untuk tercapainya tujuan organisasi.
Banyak orang berkeinginan menjadi pemimpin sukses. Tetapi ternyata hasilnya tidak selalu demikian. Orang yang semula, sebelum diangkat menjadi pemimpin, tampak cakap dan diduga mampu melakukan perubahan, setelah beberapa waktu yang bersangkutan menduduki jabatannya, ternyata tidak banyak melakukan apa-apa. Akhirnya, sampai masa jabatannya habis tidak berbuat sesuatu yang berarti. Orang mengatakan bahwa, pemimpin tersebut gagal.
Lalu apa sesungguhnya yang kiranya perlu dijadikan sebagai bekal agar seorang berhasil tatkala menduduki kursi kepemimpinan. Mengikuti tauladan Rasulullah saw., yang telah berhasil mengubah masyarakat yatsrib menjadi adil, maju, makmur, dan sejahtera, dan kemudian disebut sebagai masyarakat Madinah hingga sekarang ini, pemimpin harus memiliki sifat siddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Keempat sifat itu secara sempurna telah dimiliki oleh Rasulullah dan digunakan sebagai dasar dalam kepemimpinannya.
Sifat-sifat yang disandang oleh Rasulullah., seharusnya diikuti oleh pemimpin yang ingin berhasil. Selain itu, secara teknis operasional, pemimpin perlu memperhatikan beberapa pengalaman orang-orang yang sukses. Saya mengamati dan akhirnya berkesimpulan, bahwa pemimpin zaman sekarang ini, jika mau berhasil, selain memiliki sifat-sifat mulia tersebut, yang bersangkutan harus memiliki setidak-tidaknya empat kelebihan sekaligus, yaitu : (1) memiliki banyak idea tau prakarsa, (2) mau menjalankan idenya itu, (3) berani menanggung resiko atas pelaksanakan idenya tersebut, dan (4) berhasil memberi keuntungan bagi banyak orang.
Keempat hal tersebut harus dimiliki oleh seorang pemimpin secara bersamaan. Namun pada kenyataannya jarang seorang pemimpin yang memiliki keempat kelebihan itu secara sempurna. Setiap orang pada umumnya memiliki satu, dua, atau tiga kelebihan, tetapi jarang yang memiliki keempat-empatnya secara sempurna. Biasanya orang memiliki banyak ide, tetapi tidak mau menjalankan idenya itu. Atau, ada pemimpin yang kaya ide, mau menjalankan idenya, tetapi tidak berani menanggung resikonya. Ada juga seorang yang kaya ide, mau menjalankan program-program kegiatan, dan berani menanggung resiko, tetapi tidak berhasil memberi untung kepada banyak orang. Hal yang demikian itu selalu terjadi dan ada di mana-mana.
Mencari orang yang memiliki keempat kelebihan itu ternyata tidak mudah. Keempat kemampuan itu tidak selalu bisa didapatkan melalui lembaga pendidikan. Kemampuan yang bisa dikembangkan oleh lembaga pendidikan, hanyalah dalam hal memperkaya ide dan menjadikan orang termotivasi untuk menjalankan idenya itu. Sedangkan keberanian untuk mau menanggung resiko, dan apalagi kesediaan untuk mendatangkan untung bagi banyak orang, pada kenyataannya tidak banyak diberikan oleh lembaga pendidikan.
Sekalipun mencari calon pemimpin yang memiliki kelebihan seperti itu sangat sulit, tetapi ternyata tidak selalu disadari oleh banyak orang. Dukungan pada pemimpin, seringkali bukan karena yang bersangkutan itu berkualitas, -------artinya memiliki beberapa kelebihan itu, melainkan didasarkan atas apakah pemimpin dimaksud dirasakan menguntungkan pribadinya. Kepentingan pribadi biasanya lebih mengedepan daripada atas dasar kebutuhan lembaga atau institusinya. Banyak orang berpikiran sangat sempit, yaitu hanya mempertimbangkan di seputar kepentingan pribadi atau golongannya itu.
Pemimpin yang hanya memiliki sebagian kelebihan, tidak selalu bisa bertahan lama. Seorang pemimpin ternyata tidak hanya dituntut untuk membawa kemajuan, tetapi juga harus bisa mendatangkan keuntungan pribadi banyak orang. Kemajuan harus selalu dibarengi dengan datangnya keuntungan. Kemajuan yang tidak mendatangkan keuntungan biasanya tidak selalu mendapatkan dukungan. Dua hal, yaitu maju dan untung harus didatangkan secara bersama oleh pemimpin yang menghendaki keberhasilan.
Atas dasar kenyataan-kenyataan seperti itu, maka mengembangkan lembaga apapun memang tidak mudah dilakukan. Kemajuan sebuah institusi biasanya tergantung pada kualitas pemimpinnya. Sedangkan mencari pemimpin yang menyandang beberapa kelebihan sekaligus sebagaimana disebutkan di muka, tidaklah mudah. Namun hal yang perlu disyukuri, akhir-akhir ini semangat orang menjadi pemimpin cukup tinggi. Semogalah semangat itu diperkaya dengan semua kelebihan-kelebihan seperti disebutkan di muka, agar masyarakat yang dipimpinnya maju. Wallahu a’lam.
 A.Latar Belakang
Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik,bersifat kompleks karena sekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lain saling berkaitan,sedangkan sifat unik menunjukkan bahwa sekolah sebagai organisasi yang memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh organisasi lain.Ciri-ciri yang menempatkan sekolah memiliki karater tersendiri,dimana terjadi proses belajar mengajar,tempat terselenggara nya pembudayaan kehidupan manusia.
Karena sifatnya yang kompleks dan unik tersebutlah,sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi.Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah.Kepala sekolah akan berhasil bila mereka memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik,serta mampu melaksanakan peranan sekolah sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin sekolah.
Sebagai mana dijelaskan oleh Ordway Tread dalam bukunya yang berjudul The Adt Of Leadership:”Kepemimpinan adalah suatu kegiatan yang berupaya mempengaruhi orang untuk bekerja sama guna pencapaian tujuan”.Kemudian juga di terangkan oleh Koontz O Donnel dan Weihrich,didalam bukunya yang berjudul Management,yakni “Kepemimpinan secara umum merupakan pengaruh seni atau proses mempengaruhi orang lain,sehingga mereka dengan penuh kemauan berusaha kearah tercapainya tujuan organisasi.[wahjusumidjo 2002:103]
Dari dua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwah kepemimpinan adalah adanya seorang yang didalam dirinya memiliki kemampuan untuk menggerakkan,mengarahkan dan mempengaruhi orang lain,untuk bertindak sesuai dengan yang dikehendaki oleh oarang yang menggerakkannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Dari beberapa informasi yang penulis peroleh,kebanyakan kepala sekolah yang tidak berhasil,baik dalam bidang kesiswaan maupun relasi dengan guru,setelah diamati ternyata ketidak berhasilan kepala sekolah tersebut lebih disebabakan oleh kekurang ahlian kepala sekolah dalam bidang kepemimpinan di sekolah tersebut,sehingga terjadi kerancuan dalam praktenya dilapangan.Wibawa kepala sekolah jatuh sehingga guru-guru dan siswa kurang menghargai kepala sekolah akibatnya tujuan yang ingin dicapai tidak terlaksana
Maka oleh karena sangat pentingya jiwa kepemimpinan bagi kepala sekolah demi mencapai kesuksesan,maka penulis sangat tertarik mengupasnya didalam makalah ini yang penulis beri judul dengan “KEPEMIMPINAN KUNCI KEBERHASILAN KEPALA SEKOLAH .”
B.Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :
    Untuk mengetahui konsep dasar dan fungsi serta tipe-tipe kepemimpinan
    Untuk mengetahui apakah kepala sekolah itu,tugas serta syarat-syarat menjadi kepala sekolah.
C.Kegunaan Penulisan
Kegunaan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah dalam memimpin suatu sekolah,agar para kepala sekolah mengetahui betapa besarnya peranan kepemimpinan dalam meraih sukses di sekolah yang mereka pimpin.
BAB II
LANDASAN TEORI
Pada bagian ini akan dijelasakan,beberapa konsep dasar mengenai kepemimpinan dan kepala sekolah.Berikut penulis kemukakan beberapa teori tentang kepemimpinan dan kepala sekolah.
A.Defenisi Kepemimpinan
    Kepemimpinan adalah proses menggerakkan,membimbing,mempengaruhi atau mengawasi pikiran,perasaan,tindakan dan tingkah laku dari seseorang.
    Kepemimpinana adalah tindakan atau perbuatan diantara persaingan dalam kelompok yang menyebabkan baik orang atau kelompok bergerak kearah tujuan.
Selanjutnya diperkuat oleh Soewarso [1984:3]
Kepemimpinan adalah suatu cara atau seni seseorang guna menggerakkan dan mengendalikan orang lain yang bergabung dalam suatu bentuk kerja sama atau suatu organisasi untuk menuju tujuan yang efektif.
Selanjutnya oleh Daniel Kathz dan Robert L Khan,mendefenisikan tiga komponen utama kepemimpinan
    Suatu perlengkapan dari suatu kantor / kedudukan
    Suatu karakteristik seseorang
    Suatu kategori prilaku nyata.
Dari tiga pengertiantentang kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli diatas,penulis menyimpulkan bahwa kepemimpinan adalah adanya seseorang yang didalam dirinya memiliki kemampuan untuk menggerakkan,mengarahakan dan mempengaruhi orang lain yaitu orang –orang yang dipimpinnya,sehingga orang-orang yang dipimpinnya itu berbuat dan bertindak sesuai dengan yang dikehendaki oleh orang yang menggerakkannya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
B.Fungsi dan Tanggung Jawab Seorang Pemimpin
Tujuan kepemimpinan adalah agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar secara efektif dan efisien demi tujuan yang ingin dicapai,oleh karena itu kepemimpinan mempunyai beberapa fungsi yaitu :
    Sebagai Pelaksana [ executive]
Pemimpin tidak boleh memaksakan kehendaknya terhadap kelompok,tapi ia harus berusaha memenuhi kehendak dan kebutuhan kelompoknya.
    Sebagai Perencana [ planer ]
Pemimpin yang baik harus pandai membuat dan menyusun perencanaan,sehingga segala sesuatu yang diperbuatnya penuh perhitungan dan punya tujuan.
    Sebagai seorang ahli [ expert ]
Ia harus mempunyai keahlian,terutama keahlian yang berhubungan dengan tugas jabatan kepemimpinan yang dipegananya.
    Mewakili kelompok dalam tindakannya keluar [ external group representative ]
Ia harus menyadari baik buruk tindakannya diluar kelompok mencerminkan baik buruk kelompk yang dipimpinnya.
    Mengawasi hubungan antar anggota kelompok [controller of internal relationship.
Menjaga jangan sampai terjadi perselisihan dan selalu menjaga hubungan anggota agar tetap harmonis.
    Bertindak sebagai wasit dan penengah [arbitrator and mediator ]
Dalam menyelesaikan perselisihan pemimpin harus tegas dan tidak boleh pilih kasih.
    Merupakan lambang dari kelompok [ symbol of the group ]
Baik atau buruknya kelompok tercermin pada dirinya karena dia adalah lambang kelompok.
    Sebagai pencipta atau memiliki cita-cita [ Idiologist ]
Pemimpinharus mempunyai konsepsi yang baik dan realistis,sehingga dalam menjalankan kepemimpinan mempunyai garis yang tegas menuju arah yang di cita-citakan.
    Bertindak sebagai seorang ayah [ father figure ]
Tindakan pemimpin terhadap bawahan hendaknya dicerminkan seperti tindakan ayah kepada anak-anaknya.
    Merupakan bagian dari kelompok [ exemplar ]
Pemimpin bukanlah orang yang tinggi dari kelompoknya tapi dia merupakan bagian dari kelompoknya,segala tindakannya harus demi kemajuan kelompknya.
    Pemegang tanggung jawab para anggota kelomponya [ surrogate for individual responsibility ]
Jika kita teliti semua tugas pemimpin di atas,tepat kiranya apa yang dikemukakan oleh bapak pendidikan kita Ki Hadjar Dewantara,pemimpin yang baik harus menjalankan perannya sebagai berikut :
1. ing ngarso asung tulodo
2. ing madyo mangun karso dan
3. ing { tut } wuri handayani.
Menurut Hick ada delapan rangkaian peranan seorang pemimpin [ leader ship ] yaitu adil,memberikan sugesti,mendukung tercapainya tujuan,sebagai katalisator,menciptakan rasa aman,sebagai wakil organisasi,sumber inspirasi dan bersedia menghargai.
C.Tipe – Tipe Kepemimpinan
Karena judul makalah ini adalah Kepemimpinan Kunci Keberhasilan Kepala Sekolah,maka dalam pembahasan tentang kepemimpinan lebih [penullis arahkan kepada kepemimpinan dalam pendidikan.Adapun tipe-tipe kepemimpinan dalam pendidikan adalah :
Otokratis
2. Laises Faire
3. Demokratis
1.Kepemimpinan yang Otokratis
Dalam kepemimpinan yang otokratis,pemimpin bertindak sebagai dictator terhadap anggota kelompoknya,baginya memimpin adalah menggerakkan dan memaksa kelompok.Penafsiran sebagai pemimpin tidak lain adalah menunjukkan dan memberi perintah,kewajiban bawahan adalah mengikuti dan menjalankan tidak boleh membantah.
2.Kepemimpinan yang Laises Faire
Dalam tipe ini,sebenarnya pemimoin tidak memberikan pimpinan,tipe ini diartikan sebagai membiarkan orang – orang yang dipimpinnya berbuat sekehendaknya,pemimpin tidak memberikan kontrol dan koreksi terhadap pekerjaan yang dilakukan bawahannya.Dalam tipe kepemimpinan ini biasanya tidak ada organisasi,segala kegiatan dilakukan tanpa rencana dan tanpa pengawasan dan pimpinan.
3.Kepemimpinan Yang Demokrasi
Pemimpin yang demokratis,menafsirkan kepemimpinannya bukan sebagai dictator,melainkan sebagai pemimpin di tengah –tengah anggota kelompoknya,ia selalu berusaha menstimulis anggota-anggotanya untuk bekerja secara kooperatif untuk mencapai tujuan bersama,dalam melaksanakan tugasnya,ia mau menerima saran dan kritik dari bawahannya,pemimpin yang demokratis senantiasa berusaha memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan dengan bawahannya.
D.Defenisi Kepala Sekolah
Kepala sekolah merupakan gabungan dari dua buah kata yaitu,kepala dan sekolah,kata kepala dapat diartikan ketua dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga,sedangkan sekolah diartikan sebuah lembaga diman terjadai interaksi antara guru dan murid dalam artian merupakan tempat menerima dan memberikan pelajaran.
Dengan demikian secara sederhana kepala sekolah dapat diartikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah,dimana diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi interaksi antar guru yang memberikan pelajaran dengan murid yang menerima pelajaran.[Wahjusumidjo 2002 : 83]
F.Funsi Kepala Sekolah
Kepala sekolah mempunyai tugas yang cukup banyak sekali,diantaranya adalah :
    pengorganisasian [ organizing ]
kepala sekolah perlu mengadakan pembagian kerja yang jelas bagi guru-guru yang menjadi bawahannya,dengan pembagian kerja yang jelas,pelimpahan wewenang dan tanggung jawab yang tepat,diharapkan kegiatan sekolah dapat berjalan dengan lancar dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
    Pengarahan [ directing ]
Pengarahan adalah kegiatan membimbing anak buah dengan memberikan perintah [ komando ]memberi petunjuk,mendorong semangat kerja dan menegakkan disiplin.
    pengkoordinasiaan [ coordinating ]
pengkoordinasiaan adalah kegiatan menghubungkan orang-orang dan tugas –tugas sehingga terjalin kesatuan dan keselarasan keputusan serta terhindar dari timbulnya pertentangan.
    Pengawasan [ controlling ]
Pengawasan adalah tindakan atau kegiatan agar pelaksanaan pekerjaan serta hasil kerja sesuai dengan rencana,perintah atau petunjuk yang telah ditetapkan.
F.Syarat-Syarat Menjadi Kepala Sekolah
    Memilki ijazah yang sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang telah ditetapkan
    Mempunyai pengalaman kerja yang cukup,terutama disekolah yang sejenis dengan sekolah yang dipimpinnya
    Mempunyai kepribadian yang baik,terutama sikap dan sifat –sifat kepribadian yang diperlukan bagi kepentingan pendidikan
    Mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas terutama menenai bidang-bidang pengetahuan pekerjaan yang diperlukan bagi sekolah yang dipimpinnya
    Mempunyai ide dan inisiatif yang baik untuk kemajuan dan pengembangan sekolahnya.
BAB III
PEMBAHASAN
A.Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan
Di Indonesia kepala sekolah yang memimpin suatu sekolah negeri diangkat oleh departemen yang membawahi sekolah itu setelah mempertimbangkan usul-usul dari instansi-instansi setempat,sedangkan pengangkatan kepala sekolah swasta dilakukan oleh dewan khusus dalam bidang pendidikan dari lembaga yang mendirikan sekolah itu.
Funsi utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah mempersiapkan situasi belajar dan mengajar yang baik.Di dalam melaksanakan fungsinya kepala sekolah harus benar-benar dapat memberikan pimpinan,ini berari kepala sekolah harus dapat mengadakan,mengatur dan memberikan fasilitas pendidikan supaya para guru dan siswa benar-benar berada dalam situasi belajar yang menyenangkan,ia harus mampu menyusun program –program yang dapat yang dapat membangkitkan aktivitas siswa dan guru.
Selanjutnya sebagai pemimpin pendidikan kepala sekolah harus bertanggung jawab terhadap kemajuan dan kesejahteraan para guru.Kepala sekolah juga harus memberikan penilaian terhadap guru-guru sehingga dengan demikian nanti ia dapat memberikan bantuan kepada mereka demi perbaikan etos kerjanya di masa yang akan datang.
Untuk menjalankan itu semua kepala sekolah dituntut mempunyai jiwa kepemimpinan yang tinggi,seperti yang telah penulis uraikan pada bagian terdahulu,bahwa kepemimpinan adalah kemampuan yang di miliki seseorang untuk mempengaruhi,menggerakkan serta memotivasi orang untuk bekerjasama demi mencapai suatu tujuan.Menggapa orang yang dipimpin itu mau mengikuti pemimpinnya…….?
Menurut Arifin Abdurrahman,dalam artikelnya yang berjudul “Kepemimpinan Dlam Administrasi Pendidilkan ” yang menyebabkan orang-orang yang dipimpin megikuti pemimpinya adalah :
    Sebab Instinka dari dalam setiap sanubari manusia karena kagum akan sifat-sifat pemimpinnya yang mempengaruhi seluruh jiwanya,ini lebih disebabkan dari pengaruh karisma dari pemimpin tersebut
    Sebab tradisi,dimana diapat suatu pengikutan karena adat dan tradisi
    Sebab ratio,didapat kepengikutan karena pertimbangan yang rasional tentang untung dan rugi
    Sebab peraturan hukum atau legal,orang mau patuh atau mengikuti orang yang memimpinnya karena suatu peraturan hukum,karena apabila tidak dita’ati ia akan mendapat sanksi atau hukuman.
Didalam pendidika sekolah kadang–kadang terdapat anggapan seorang kepala sekolah sudah dapat dikatakan pemimpin dari sekolah itu,sebenarnya kepala sekolah juga dapat dikatakan pemimpin pendidikan,tapi jika jabatan sebagai kepala sekolah hanya berdasarkan pada teori tradisi atau legal seperti yang telah disebutkan di atas,sedangkan dalam penggangkatan tidak unsur-unsur penerimaan dan kemampuan tekhnis,maka kepala sekolah yang demikian belum dapat dikatakan pemimpin pendidikan.
Sebenarnya kepala dan pemimpin itu tidak sama,kepala terdapat pada kelompok atau group yang bersifat formal dan diatur dengan struktur tertentu serta hubungan keluarnya bersifat formal,sedangkan kepemimpinan murni terdapat dalam kelompok yang bersifat tidak resmi,yaitu kelompok yang dibentuk oleh orang-orang yang ada disana sebelum organisasi mitu ada.
Sekolah dalam hal ini dapat disamakan dengan kelompok formal,karena hampir jarang sekali bahkan tidak ada kepala sekolah yang dipilih langsung oleh anggotanya.
Kalau kita memahami perbedaan antara kedua pengertian tersebut dan kita kita hubungkan dengan persoalan –persoalan dalam lingkungan sekolah,maka seorang kepala sekolah hendaklah benar-benar memiliki sifat-sifat kepemimpinan demi tercapainya tujuan sekolah yang dipimpinnya.
B.Fungsi Dan Kewajiban Kepala Sekolah
Menurut Mc.Nerney [ 1992 : 158 ] kepaqla sekolah mempunyai tugas yang sangat banyak sekali diantaranya adalah :
q Mengembangkan bersama – sama demgan guru filsafat yang sudah ditetapkan untuk sekolah itu,
q Merencanakan suatu kurikulum bersama guru-guru,
q Menilai alat-alat pengajaran yang diperlukan oleh guru – guru,
q Mengatur dan memajukan para siswa,
q Mengembangkan program tentang disiplin,
q Mengawasi pemeliharaan gedung dan alat-alat sekolah,
q Mengembangkan cara-cara yang demokratis dan memimpin hal hal yang mengenai staf personel,
q Menggunakan semaksimum-maksimumnya semua lembaga masyarakat yang dapat memberikan bantuan kepada siswa,
q Menilai kebutuhan dengan kebutuhan –kebutuhan yang terdapat dalam masyarakat,
q Melaksanakan kepemimpinan dan pengawasan disekolah yang dipimpinnya.
Itulah tugas – tugas yang harus diemban oleh seorang kepala sekolah,karena tugas yang diembannya sangat berat dan harus dipertanggung jawabkan,maka sangat pentinglah kiranya jiwa kepemimpinan yang tinggi bagi seorang kepala sekolah demi tercapainya tujuan yang telah di tetapkan.
BAB IV
PENUTUP
A.Kesimpulan
Berdasarkan keseluruhan uraian didalam makalh ini maka penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan,yaitu :
    Berhasil atau tidaknya kepal sekolah dalam menjalankan tugasnya,sangat dipengaruhi oleh jiwa kepemimpinannya,sebab denga jiwa kepemimpinannya itulah tujuan sekolah yang dipimpinnya akan tercapai,
    Kepemimpinan kepala sekolah adalah salah satu perwuudan kepemimpinan nasional,yaitu kepemimpinan pancasila,yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan sumber dayan mannusia yang handal.
B.Saran-Saran
Adapun saran –saran yang dapat penulis sampaikan melalui makalah yang berjudul Kepemimpinan Kunci Keberhasilan Kepala Sekolah ini adalah :
Seorang kepala sekolah hendaklah menjadi seorang pemimpin yang demokratis,yang terbuka terhadap bawahannya,mau menerima kritikan dan harus menjadi pekerja keras.
DAFTAR PUSTAKA
a. Daryanto.2002.Administasi Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.
b. Purwanto,Ngalim,dkk.1996.Administrasi Pendidikan.Surabaya:Mutiara Sumber Widya.
c. Sutaryadi.1990.Administrasi Pendidikan.Surabaya:Usaha Nasional.
d. Wahjusumidjo.2002.Kepemimpinan Kepala Sekolah [ tinjaun teoritik dan permasalahannya. ] Jakarta:Raja Grafindo Persada.
e. Gaffar,A.1992.Dasar – Dasar Administrasi dan Supervisi Pengajaran.Padang:Angkasa Raya.





 MANAJEMEN PESERTA DIDIK MANAJEMEN KEUANGAN

PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Keberadaan pemimpin memegang peranan penting di dalam jalannya roda organisasi, sesuai dengan perannya sebagai penunjuk arah dan tujuan di masa depan (direct setter), agen perubahan (change agent), negosiator (spokesperson), dan sebagai pembina (coach).
Diantara gaya kepemimpinan yang ada saat ini adalah kepemimpinan transaksional dan kepemimpinan transformasional. Dalam diskusi tentang gaya kepemimpinan, kepemimpinan transaksional selalu dikaitkan dengan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transaksional yang digambarkan sebagai kepemimpinan yang memberikan penjelasan tentang apa yang menjadi tanggung jawab atau tugas bawahan dan imbalan yang dapat mereka harapkan jika mencapai standar tertentu. Gaya kepemimpinan ini akan terbuka dalam membagikan informasi dan tanggung jawab kepada bawahan. Hal ini memang merupakan komponen penting dalam menjalankan suatu organisasi, namun kepemimpinan ini tidak cukup untuk menerangkan usaha tambahan dan kinerja bawahan yang sebetulnya dapat digali seorang pemimpin d`ri karyawannya, oleh karena itu diperlukan konsep lain yang mampu menerangkan usaha bawahan yang lebih dari sekedar kesepakatan tugas dan imbalan antara pimpinan dan bawahan.
Salah satu bentuk kepemimpinan yang diyakini dapat mengimbangi pola pikir dan refleksi paradigma-paradigma baru dalam arus globalisasi dirumuskan sebagai kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional yang digambarkan sebagai kepemimpinan yang membangkitkan atau memotivasi karyawan untuk dapat berkembang dan mencapai kinerja atau tingkat yang lebih tinggi lagi sehingga mampu mencapai lebih dari yang mereka perkirakan sebelumnya (beyond expectation).
Dalam bidang pendidikan, seiring dengan upaya pembaharuan yang dilakukan, bentuk kepemimpinan juga penting untuk diformulasikan. Kepemimpinan transformasional berdasarkan kekayaan konseptual melalui karisma, konsideran individual dan stimulasi intelektual, diyakini akan mampu melahirkan pemikiran-pemikiran yang mengandung jangkauan ke depan, azas kedemokrasian dan ketransparanan, yang oleh karenanya perlu diadopsi ke dalam kepemimpinan kepala sekolah, khususnya dalam rangka menunjang manajemen berbasis sekolah atau bentuk-bentuk pembaharuan pendidikan lainnya. Di Indonesia tipe kepemimpinan transformasional mulai mengemuka seiring dengan perubahan arah kebijakan dari sentralisasi ke otonomi daerah, dimana sekolah memiliki peranan yang signifikan dalam menentukan kebijakannya sendiri. Pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah model manajemen berbasis sekolah adalah agar kepala sekolah dapat mengimplementesikan upaya-upaya pembaharuan dalam kependidikan. Tanpa dibarengi kepemimpinan kepala sekolah yang aspiratif terhadap perubahan, upaya pembaharuan pendidikan seideal apa pun yang dirancang nampaknya tidak akan membawa hasil optimal. Kepemimpinan transformasional dianggap dapat menjawab tantangan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah melalui tiga unsur yaitu karisma, konsideran individual, dan stimulasi intelektual pada diri kepala sekolah.
Era globalisasi di satu pihak dan era otonomi daerah di lain pihak penuh dengan persaingan dan tantangan, sehingga membutuhkan SDM yang berkualitas. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM. Pendidikan merupakan salah satu upaya utama untuk mengimplikasikan keinginan tersebut, namun juga memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya yang besar. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan, perlu ditingkatkan kualitas manajemen pendidikan, yang salah satunya adalah peningkatan manajemen instruksional. Manajemen instruksional dapat dipraktekkan dalam tiga dimensi pembelajaran, yaitu perumusan misi sekolah, pengelolaan program instruksional dan penciptaan iklim sekolah. Dari ketiga dimensi tersebut, selanjutnya dijabarkan kedalam fungsi kerja manajemen instruksional. Secara singkat, fungsi kerja manajemen instruksional tersebut adalah supervisi dan evaluasi pengajaran, monitoring kemajuan siswa, proteksi jam belajar, standarisasi akademik, koordinasi kurikulum, penyediaan insentif, promosi pengembangan profesional,
 kehadiran, menjabarkan sasaran yang ingin dicapai sekolah, serta mengkomunikasikan standarisasi akademis.
Kepemimpinan transformasional melalui tiga unsur yaitu karisma, konsideran individual, dan stimulasi intelektual pada diri kepala sekolah dianggap mampu menjawab tantangan pelaksanaan manajemen instruksional sekolah. Karisma merupakan komponen paling penting dalam konsep kepemimpinan transformasional secara luas. Dengan karisma yang kuat, akan semakin mudah bagi seorang pemimpin untuk menanamkan pengaruh terhadap anak buah. Sebaliknya semakin lemah karisma seseorang, akan semakin sulit dalam upaya memberikan pengaruh kepada anak buah. Padahal, dalam konteks kepemimpinan, menjadi penting sekali bagi seseorang untuk menanamkan pengaruhnya terhadap orang lain. Sementara para kepala sekolah menunjukkan kuatnya kemauan untuk mendorong pemahaman terhadap pandangan orang lain, memperlakukan orang lain dengan penuh hormat, menyiapkan anak buah untuk siap mengorbankan diri sendiri demi kepentingan kelompok dan sebagai pemberi inspirasi, mendatangkan antusiasme, loyalitas, dan menciptakan anak buah siap mengorbankan kepentingan
 pribadi untuk keperluan umum yang memerlukannya. Konsideran individual,
 dimana di bawah kepemimpinan transformasional kepekaan terhadap perseorangan sangatlah diutamakan. 
Secara umum kepemimpinan transformasional kepala sekolah pada elemen ini, senang memotivasi staf untuk 
berani mengemukakan gagasan dan pendapat serta sikap optimistik, menampakkan apresiasi terhadap hasil kerja yang bagus, mengenali kerja staf secara perseorangan, dan mencari sumber-sumber ide baru untuk staf, kepala sekolah mengetahui bawahan secara perseorangan dan meniadakan bentuk sanksi atas kesalahan mereka dalam rangka meningkatkan profesionalisasi serta menghargai pentingnya kunjungan kepala sekolah ke sekolah lain untuk mencari ide baru. Stimulasi intelektual, dimana dalam kepemimpinan transformasional seorang pemimpin akan melakukan stimulasi-stimulasi intelektual. Elemen kepemimpinan ini dapat dilihat antara lain dalam kemampuan kepala sekolah mendorong staf untuk selalu mengevaluasi kerja mereka dan selalu memikirkan isu lama dengan cara baru, mengembangkan wacana fleksibilitas dalam pekerjaan yang memberikan kebebasan kepada bawahan dan mendorong adanya kebiasaan mencoba sesuatu yang baru sebagai aktivitas pengembangan kreativitas diri.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul “ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MANAJEMEN INSTRUKSIONAL”. Penelitian ini difokuskan pada elemen kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang mempengaruhi manajemen instruksional di sekolah. Penelitian semacam ini dianggap penting dilakukan pada saat ini dalam rangka mencari alternatif bentuk kepemimpinan di sekolah, dimana kepemimpinan di tingkat sekolah, yang dapat dinilai dari kinerja kepala sekolah, merupakan posisi yang strategis dalam keorganisasian sekolah, khususnya dalam rangka pelaksanaan manajemen berbasiskan sekolah.
Dua model yang dieksplorasi dalam penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional dan manajemen instruksional. Karakteristik dari pengelolaan sekolah yang diformulasikan sebagai manajemen instruksional digunakan sebagai titik tolak pengenalan terhadap kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam pengelolaan sumberdaya dan proses belajar mengajar di sekolah.
1.2. Perumusan Masalah
Dengan memperhatikan latar belakang tersebut di atas, maka penulis mengemukakan masalah sebagai berikut:
1.2.1. Apakah elemen kepemimpinan transformasional kepala sekolah, yaitu karisma, konsideran individual, dan stimulasi intelektual mempengaruhi manajemen instruksional?
1.2.2. Elemen kepemimpinan transformasional kepala sekolah manakah yang lebih dominan pengaruhnya terhadap manajemen instruksional?

No comments:

Post a Comment