Monday 14 January 2013

MAKALAH TOTAL QUALITY CONTROL (TQC)


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Majunya  perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  pada  era globalisasi  sekarang  ini  membuat  dunia  terasa  semakin  sempit  karena  segala sesuatunya  dapat  dijangkau  dengan  sangat  mudah.  Adanya  media-media elektronik sebagai alat komunikasi seperti  televisi,  radio maupun internet semakin mempermudah  masuknya  informasi  dari  luar.  Kondisi  semacam  ini  harus diimbangi  dengan  kemampuan  masyarakat  dalam  mengelola  informasi  tersebut. Agar  masyarakat  mampu  menerima  informasi  itu  secara  utuh  dan  mampu menentukan  mana  yang  berdampak  positif  dan  mana  yang  berdampak  negatif. Indonesia  sebagai  salah  satu  negara  dengan  jumlah  penduduk  yan g  terbesar  di dunia harus  cepat tanggap  dengan  hal  semacam  ini.  Besarnya  jumlah penduduk di Indonesia tidak  cukup  menjadi  modal untuk memajukan bangsa jika  tidak disertai dengan  kualitas  yang  memadai.  Salah  satu  cara  untuk  mempersiapkan  dan mencetak SDM  yang berkualitas tinggi adalah melalui proses pendidikan. Proses pendidikan itu sendiri bregantung pada Total Quality Control (TQC). 
B. Rumusan Masalah
A. Sejarah Quality Control
B. Penjelasan apa itu Total Quality Control (TQC) ?
C. MENTALITAS DASAR TOTAL QUALITY CONTROL
D. PRINSIP-PRINSIP KUALITAS
E. Pengertian Kualitas mencakup
F. Tujuan Pelaksanaan Pengelolaan Mutu
G. Manfaat Pelaksanaan Pengendalian Mutu
H. Sistem manajemen Total Quality Control
I. Pemecahan masalah Yang dilakukan Oleh Plan, Do, Check and Action
C. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini sebagai bahan pedoman untuk menerangkan prsentasi tentang TQC selain itu agar dapat memahami apa yang di maksud Total Quality Control, serta sebagai peyelesaian tugas menejemen pendidikan yang kami ampuh.
BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Quality Control
Sejarah Quality Control setelah Perang Dunia II ( 1939-1945) pada saat kekalahan Jepang atas Amerika :
Tahun 1945, Jepang mengalami kekelahan perang dengan Amerika. Penyebabnya adalah Amerika negara yang besar dan mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan dengan Jepang, demikian juga untuk kualitas peralatan perangnya, amerika menghasilkan peralatan yang kualitasnya baik. Deming, W. Edwards ( 1900-1993), orang statistik dan tenaga ahli manajemen berkwalitas yang bertindak sebagai seorang guru, penasehat, dan konsultan bagi sejumlah korporasi penting, para pemimpin bisnis, dan tenaga ahli pengendalian mutu. Deming revitalize dibantu ekonom Jepang yang mengikuti Perang Dunia II ( 1939-1945) dan mengadakan revolusi praktek bisnis dari banyak perusahaan di (dalam) Amerika Serikat sepanjang 1980s Tahun 1950, Pada perang Amerika dengan Korea Utara, Jepang menjadi basis militer Amerika terutama untuk memperbaiki peralatan tempur Amerika, disinilah awalnya Jepang kemudian belajar mengenai Quality Control. Tahun 1954, E. Deming ( Seorang Ilmuan dari Amerika ) diundang datang ke Jepang untuk memberi kuliah mengenai Quality Control. Tahun 1960, Jepang mulai mengadopsi dan menerapkan Quality Control pada industri – industrinya.
B. Total Quality Control (TQM)
TQC (Total Quality Control) adalah sistem manajemen yang dinamis yang mengikut sertakan seluruh anggota organisasi dengan penerapan konsep dan teknik pengendalian kualitas untuk tercapainya kepuasan pelanggan dan yang mengerjakannya. Dasar Total Quality Control adalah mentalitas, kecakapan dan manajemen partisipatif dengan sikap mental yang mengutamakan kualitas kerja. Mentalitas adalah kesediaan bekerja sungguh-sungguh, jujur dan bertanggung jawab melaksanakan pekerjaannya. 
C. MENTALITAS DASAR TOTAL QUALITY CONTROL
a. Kerjasama dan Partisipasi
Agar karyawan mengetahui cara-cara dalam membangun sikap mental dasar di lingkungan pekerjaan masing-masing, tujuannya :
· Berorientasi kepada tanggung jawab kelompok
· Bersedia membuat lebih berpartisipasi dalam bidang yang berhubungan
· Menciptakan kesadaran kelompok
· Dapat saling menghargai antara golongan dan atau tingkatan
b. Berorientasi kepada Mutu 
Yang dimaksud dengan mutu/ kualitas adalah :
· Disesuaikan dengan permintaan
· Sistemnya adalah pencegahan, sejak awal dikerjakan dengan benar
· Standarnya adalah harus tidak ada kesalahan
· Ukurannya adalah biaya untuk mencapai kualitas
D. PRINSIP-PRINSIP KUALITAS
· Kepuasan pemakai, jadi berorientasi pada pemakai bukan pada standar
· Mencakup kualitas dari semua jenis pekerjaan
· Merupakan tanggung jawab setiap orang sehingga sejak awal harus dilaksanakan dengan benar
E. Pengertian Kualitas mencakup
· Produk, orang dan aktivitas
· Biaya
· Pengiriman
· Keselamatan, dan
· Moral
F. Tujuan Pelaksanaan Pengelolaan Mutu
Pengendalian mutu terpadu adalah suatu sistem yang efektif untuk mengintegrasikan usaha-usaha pengembangan kualitas, pemeliharaan kualitas dan perbaikan kualitas atau mutu dari berbagai kelompok dalam organisasi.
Tujuan Pelaksanaan Pengelolaan Mutu
1) Pencapaian kebijaksanaan dan target institusi secara efisien
2) Perbaikan hubungan manusia serta mutu barang atau jasa
3) Peningkatan moral, prakarsa, dan kerjasama, karyawan
4) Pengembangan kemampuan tenaga kerja
5) Peningkatan produktivitas dan profibilitas usaha
G. Manfaat Pelaksanaan Pengendalian Mutu
1) Bagi Karyawan
· Meningkatkan kemampuan karyawan dalam melihat, mengenali, permasalahan, dan mencari alternatif pemecahan
· Meningkatkan kemampuan komunikasi dan partisipasi didalam kelompok kerja
· Membiasakan berpikir secara analitis dengan menggunakan teknik quality control
· Peningkatan daya kreativitas
· Peningkatan kepercayaan diri
2) Bagi Institusi
· Pengembangan institusi melalui akumulasi gagasan-gagasan perbaikan
· Meningkatkan daya saing barang atau jasa yang dihasilkan
· Memperbaiki hubungan institusi dengan karyawan
· Partisipasi semua karyawan di dalam membantu terwujudnya tujuan institusi
3) Bagi Konsumen
· Konsumen akan memperoleh barang atau jasa yang bermutu baik
· Konsumen akan mendapatkan kepuasan dari barang atau jasa tersebut
· Konsumen akan memperoleh barang atau jasa yang memenuhi kesehatan dan keselamatan
· Konsumen akan menerima barang sesuai dengan pesanannya
· Pemerintah akan mendapatkan pajak-pajak
H. Sistem manajemen Total Quality Control
Sistem manajemen Total Quality Control meliputi apa yang dimaksud dengan sistem manajemen, kebijakan manajemen, proses kerja gugus TQC, tujuan gugus kerja TQM dan program TQM.
1. Yang dimaksud sistem manajemen : 
· Untuk mengetahui pengetahuan/konsep standar dan sistem manajemen seutuhnya
· Dapat memilih cara penerapan yang paling tepat dan efektif
· Sistem manajemen memilih tiga tingkat aktivitas sesuai dengan struktur piramidal organisasi dan setiap jenjang memiliki tugas membantu penerapan TQC sesuai dengan fungsinya masing-masing
2. Kebijakan Manajemen
· Dukugan dari manajer puncak dalam menetapkan kebijaksanaan dan memberi pengarahan
· Dukungan dari manajer menengah untuk berperan serta dalam TQC
· Pengawasan melekat harus diterapkan oleh setiap atasan/sub unit/ kelompok kerja dengan cara yang benar, agar kesalahan dapat diketahui sedini mungkin
3. Proses Kerja Gugus TQC
· Pengajuan masalah
· Analisis permasalahan
· Mencari pemecahan masalah
· Presentase pada pihak manajer, serta
· Manajer akan meninjau, menelusuri atau meminta tindak lanjut dari presentasi yang dimaksud.
4. Pelaksanaan Program TQC
Dalam pelaksanaan program TQC terdapat dua hal yang harus diperhatikan agar TQC dapat sukses yaitu dari sisi karyawan dan manajer.
· Dari sisi karyawan : Menciptakan suasana yang cocok, Saling memberi informasi dan berkomunikasi, Dijadikan program suka rela, Memberi pengarahan dan latihan, Bersikap terbuka dan positif, Menyediakan waktu, sarana, fasilitas dan dana
· Dari sisi Manajer : Mengajukan dan menjelaskan program TQC kepada pucuk pimpinan, Menjelaskan tujuan dan hasil yang akan dicapai, Mendapat dukungan dari Pucuk Pimpinan
I. Pemecahan masalah Yang dilakukan Oleh Plan, Do, Check and Action
Pemecahan masalah TQC dilakukan dengan Plan, Do, Check and Action yang di jabarkan menjadi delapan langkah:
1) Menentukan prioritas masalah
2) Menjelaskan mengapa masalah itu di prioritaskan
3) Mengenali status masalah
4) Susun langkah-langkah perbaikan
5) Melaksanakan langkah-langkah perbaikan
6) Periksa hasil perbaikan
7) Mencegah terulangnya masalah
8) Menggarap masalah selanjutnya
BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Terpadu dalam bidang pendidikan tujuan akhirnya adalah meningkatkan kualitas, daya saing bagi output (lulusan) dengan indikator adanya kompetensi baik intelektual maupun skill serta kompetensi sosial siswa/lulusan yang tinggi. Dalam mencapai hasil tersebut, implementasi TQM di dalam organisasi pendidikan (sekolah) perlu dilakukan dengan sebenarnya tidak dengan setengah hati. Dengan memanfaatkan semua entitas kualitas yang ada dalam organisasi maka pendidikan kita tidak akan jalan di tempat seperti saat ini. Kualitas pendidikan kita berada pada urutan 101 dan masih berada di bawah vietnam yang notabene negara tersebut dapat dikatakan baru saja merdeka dibandingkan dengan kemerdekaan bangsa kita Indonesia. Implementasi TQM di organisasi Pendidikan khususnya negeri memang tidak mudah. Adanya hambatan dalam budaya kerja, unjuk kerja dari guru dan karyawan sangat mempengaruhi. Tidak perlu dipungkiri bahwa budaya kerja, unjuk kerja dan disiplin pegawai negeri sipil di negara kita ini sangat rendah. Ini sangat mempengaruhi efektifitas implementasi TQM.
DAFTAR PUSTAKA 
http://rgumantijaya.blogspot.com/2012/04/total-quality-control.html

9 comments:

  1. Bagus artikelnya, makasih banyak, karena materi ini tugas kuliah ku, selesai

    Makasih banyak,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sami2 booss jngn lupa sering mampir aja

      Delete
  2. thanks for information yaa...
    alhamdulillah bermanfaat banget untuk saya yang mau kerja bag. QC.. Saya tau dasar2nya..

    ReplyDelete
  3. Good banget . Buat bahan kuliah sama motivasi juga bagus nih .

    ReplyDelete